Total PENGUNJUNG Jurnal ini

Very Important Report:

14 Kesalahan Fatal Bisnis Internet dan Cara Mendobraknya!

Masukkan nama & email anda di bawah ini dan dapatkan Free Report kami, GRATIS!
Nama Panggilan:
Email:
 
Ken_Kanaidi

Minggu, 29 November 2009

ANALISIS DAYA SAING LAYANAN PT POS dengan Pendekatan STP

ANALISIS DAYA SAING LAYANAN POS STANDAR DAN POS PRIMA
PT POS INDONESIA (PERSERO)
DENGAN PENDEKATAN SEGMENTING-TARGETING-POSITIONING (STP)
Penelitian Kelompok Swakelola-PT.Pos Indonesia, Tahun 2008
Oleh : Kanaidi, SE., M.Si dkk

Abstrak
Beragamnya layanan dan level pelayanan dengan karakteristiknya masing-masing di PT. Pos Indonesia (Persero) di satu sisi memungkinkan konsumen memiliki banyak pilihan, tetapi di sisi lain menimbulkan berbagai kompleksitas penanganan yang harus disiapkan oleh perusahaan. Dilihat dari pertumbuhan revenue, layanan PT. Pos Indonesia (Persero) khususnya jasa logistik belum menunjukkan angka yang signifikan. Dilihat dari aktivitas marketing communication, umumnya strategi pemasaran belum spesifik memperhatikan adanya karakteristik pasar.
Dalam kontek ini diperlukan upaya segmentasi pasar agar aktivitas strategi pemasaran menjadi lebih efektif dan terfokus pada apa yang umumnya dibutuhkan oleh konsumen. Apabila ingin berhasil dalam persaingan, perusahaan dipandang perlu berupaya untuk membangun persepsi mengenai layanan dan jasa yang disediakan sedemikian rupa dengan menyamakan antara brand identity dengan brand image, sehingga ketika menyebut sebuah kategori layanan dengan sendirinya yang muncul dibenak konsumen adalah merek perusahaan dan bukan merek pesaing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen pasar produk pos standar dan prima, baik untuk pasar ritel maupun corporate, menggali informasi dari konsumen berkaitan dengan layanan pos standar dan prima, serta mengetahui posisi brand layanan pos kilat khusus dan express dibandingkan dengan layanan pesaing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Penarikan sampel secara judgment sebanyak 323 konsumen ritel dan 60 konsumen korporat di 10 kota besar Indonesia. Teknik analisis data menggunakan descriptive statistic, cluster, dan multi dimention scalling. Dari hasil analisis data diketahui secara keseluruhan masih cukup baik, segmen pasar produk pos standard dan prima umumnya kelompok konsumen mengarah ke bawah dengan tingkat pemanfaatan layanan yang relatif kecil dibandingkan dengan potensi yang ada. Posisi brand layanan Pos Kilat Khusus dan Pos Express di mata konsumen dipersepsikan baik dan bersaing ketat dengan layanan pesaing, khususnya TIKI, tetapi yang perlu dirumuskan lebih lanjut adalah posisi brand Pos Kilat Khusus dan Pos Express agar memiliki perbedaan yang jelas.
Agar daya saing layanan PT. Pos Indonesia, khususnya pos standard dan prima menjadi lebih kuat, sebaiknya kebijakan pengembangan layanan maupun berbagai aktivitas pemasaran mengacu kepada hasil segmentasi layanan dan berbagai informasi yang diperoleh dari penelitian ini.

Kata kunci : segmentasi, cluster, dan multi dimensional scalling
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Artikel Lengkap dikompilasi oleh/ HUBUNGI :
Jln. Sariasih No. 54 BANDUNG 40151
HP. 08122353284 - 087822984716  Telp/Fax. 022-4267749
PIN BBm : 27CBC148      
-------------------------------------------------------------
Disamping itu, .........MUNGKIN Anda/ teman Anda BUTUH ini?
Kami memiliki beberapa Artikel/Jurnal tentang :

·         Jurnal “ICT” … click di http://ken-ict.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Image” … click di http://ken-image1.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Value” … click di http://www.ken-value.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Loyalty” … click di http://ken-loyalty.blogspot.com/
·         Jurnal “Brand & Merek” … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “Service Quality” … click di http://ken-servqual1.blogspot.com/
·         Jurnal “MARKETING & BUSINESS” … click di http://ken-promark.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Satisfaction” … click di http://ken-kepuasan.blogspot.com/
·         Jurnal “Personal Selling” … click di http://ken-selling.blogspot.com/
·         Jurnal “Corporate Culture” … click di http://ken-culture.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Relationship Management (CRM)” … click di http://ken-crm.blogspot.com/
·         Jurnal “DELPHI METHOD” … click di http://ken-delphi.blogspot.com/
·         Jurnal “Kewirausahaan (Entrepreneurship)” … click di http://ken-entrepreneurship.blogspot.com/
·         Business Plan dan Marketing Plan… click di http://ken-businessplan.blogspot.com/
·         Artikel “Competitive Strategy” … click di http://ken-persaingan.blogspot.com/
·         Jurnal “Customer Behavior (Perilaku Konsumen)”… click di http://ken-behavior.blogspot.com/
·         Jurnal “LKMS (Lembaga Keuangan Mikro Syariah)”… click di http://lkmsnetkas.blogspot.com/
·         Artikel “Dunia PERIKLANAN” … click di http://ken-iklan.blogspot.com/
·         Artikel “QFD (Quality Function Deployment)” … click di http://ken-qfd.blogspot.com/
·         Artikel “STP (Segmenting, Targeting, & Positioning)”  … click di http://ken-stp.blogspot.com/
·         Jurnal “e-COMMERCE”....click di http://ken-international.blogspot.com/
·         Jurnal “BALANCED SCORECARD”....click di http://ken-keuangan.blogspot.com/
·         Jurnal “MANAJEMEN SDM” .....click di http://ken-msdm.blogspot.com/
·         Jurnal “CUSTOMER TRUST”.....click di  http://www.ken-trust.blogspot.com/
·         Jurnal “Good Corporate Governance (GCG)” … click di http://ken-gcg.blogspot.com/
·         Jurnal “CSR”  … click di http://ken-csr1.blogspot.com/
·         Jurnal “MEREK (Brand)”  … click di http://ken-merek.blogspot.com/
·         Jurnal “PERIKLANAN (Advertising)”  … click di http://ken-iklan.blogspot.com atau di http://ken-iklan1.blogspot.com/ atau di http://ken-iklan2.blogspot.com/ atau di http://ken-iklani.blogspot.com/
·         Jurnal “Manajemen Retail”  … click di http://ken-retail.blogspot.com/
·         Jurnal “Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)”  … click di http://ken-imc.blogspot.com/
·         Jurnal “Internal Marketing” … click di http://ken-im.blogspot.com/
·         Jurnal “EXPERIENTIAL MARKETING”  … click di http://ken-experiental.blogspot.com/
·         “Peluang BISNIS ONLINE” secara Sederhana……MINAT?... coba lihat (click) dulu di http://formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi
. . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)